Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Bagaimana Pelayanan Kesehatan Seharusnya !



Pelayanan kesehatan yang dijabarkan Levey dan Loomba (1973) adalah setiap upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama – sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat (Azwar, 1996).
Suatu pelayanan kesehatan dikatakan baik (Azwar, 1996) apabila persyaratan sebagai berikut :
  1. Tersedia dan berkesinambungan
Pelayanan kesehatan yang baik adalah pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak sulit ditemukan, serta keberadaannya dalam masyarakat adalah pada setiap saat yang dibutuhkan.
  1. Dapat diterima dan wajar
Artinya pelayanan kesehatan tersebut tidak bertentangan dengan keyakinan an kepercayaan masyarakat.
  1. Mudah dicapai
Untuk dapat mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik maka pengaturan distribusi sarana kesehatan menjadi sangat penting. Pelayanan kesehatan yang terlalu terkonsentrasi di daerah perkotaan saja dan sementara itu tidak ditemukan di daerah pedesaan, bukanlah pelayanan kesehatan yang baik.
  1. Mudah dijangkau
Keterjangkauan yang dimaksud adalah dari sudut biaya.
  1. Bermutu
Yaitu yang menunjukkan pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan, yang disatu pihak dapat memuaskan para pemakai jasa pelayanan, dan dipihak lain tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik serta standar yang telah ditetapkan.
Unsur pembentuk pelayanan puskesmas dikelompokkan dalam 4 (empat) kelompok yaitu :
  1. Unsur input
Unsur input adalah segala sesuatu yang diperlukan untuk terselenggaranya pelayanan puskesmas. Kelompok ini meliputi gedung tempat pelayanan diselenggarakan, peralatan medis dan non medis, sumber daya manusia dan anggaran.
  1. Unsur Process
Unsur proses  adalah segala kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelayanan atau segala interaksi yang terjadi antara sumber daya puskesmas dengan penderita.

  1. Unsur out put
Unsur keluaran adalah segala sesuatu sebagai hasil proses penyelenggaraan pelayanan di puskesmas meliputi antara lain kesembuhan, kematian, cacat, kepuasan dan lain – lain.
  1. Unsur lingkungan
Unsur lingkungan adalah segala sesuatu yang bersifat mengatur atau membatasi kegiatan di puskesmas.
Unsur input, unsur proses, dan lingkungan dengan masing – masing komponennya mempunyai sifat saling berhubungan, serta saling mempengaruhi dan kesemuanya merupakan faktor yang berpengaruh terhadap mutu pelayanan puskesmas (Noer Bachry Noor, 2001).

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer