Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Download Skripsi AKK-Pelayanan Prima Puskesmas


STUDY ON THE IMPLEMENTATION OF SERVICE IN THE PRIMA PUSKESMAS LAMPA SUB DISTRICT DUAMPANUA PINRANG

Health care is one element of health development organization supporting the implementation is to be qualified quality and quantity. Quality health care depends not only on clinical services that meet professional standards, but also focuses on customer service.
A public service to realize the excellent service based on customer satisfaction levels in this patient as users of healthcare services. Accordingly, research on the excellent service at the health center should be implemented.
This type of study is a descriptive observational design that aims to get on the administration gamabaran excellent service at the health center district Lampa Duampanua Pinrang District.
The study population was all people who are living in a working area of ​​research centers with a total of 74 samples of patients who use the service by visiting the health center visits Lampa at least 2 times during the study period is determined by the formula of sampel.Pengumpulan research data through direct interviews to the respondents which are then processed systematically with the help of a computer and presented in tabular form with explanations.
The results showed that the ability (ability) Lampa Health Center in organizing the service has basically been done well (60.8%) who support the establishment of good health care (97.8%), attitude (attitude) has given a positive assessment of the community (70.3%) to support the establishment of primary health care (84.6%), the appearance has been performing well (70.3%) who support the establishment of good health care (80.8%), and action (action) given have been implemented well (71.6%) so as to support the establishment of good health services (79.2%).
The suggestions is the need to increase the ability of staff skills, improving working attitude of workers, improvement of infrastructure centers, establishment of service standards in health, and for the health center can arrange Lampa to standardize services.

STUDI TENTANG PELAKSANAAN PELAYANAN PRIMA DI PUSKESMAS LAMPA KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang penyelenggaraannya harus memenuhi syarat kualitas dan kuantitas. Pelayanan kesehatan yang bermutu tidak hanya tergantung pada pelayanan klinis yang memenuhi standar profesi, tetapi juga pelayanan yang berfokus pada pelanggan. Pelayanan yang bersifat publik mewujudkan pelayanan prima yang berdasarkan atas tingkat kepuasan konsumen dalam hal ini pasien sebagai pengguna jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian tentang pelayanan prima di tingkat puskesmas harus dilaksanakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gamabaran tentang penyelenggaraan pelayanan prima di Puskesmas Lampa Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang.
Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat yang berdomisili dalam wilayah kerja puskesmas dengan sampel penelitian sebanyak 74 pasien yang memanfaatkan dengan mengunjungi pelayanan Puskesmas Lampa minimal 2 kali kunjungan pada saat penelitian berlangsung yang ditentukan dengan rumus besar sampel.Pengumpulan data penelitian melalui wawancara langsung kepada responden yang kemudian diolah secara sistematis dengan bantuan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel disertai penjelasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan (ability) Puskesmas Lampa dalam menyelenggarakan pelayanan pada dasarnya sudah dilaksanakan dengan baik (60,8%) yang menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (97,8%), sikap (attitude) sudah memberi penilaian yang positif dari masyarakat (70,3%) sehingga menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (84,6%), penampilan sudah terlaksana dengan baik (70,3%) yang menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (80,8%), dan tindakan (action) yang diberikan sudah dilaksanakan dengan baik (71,6%) sehingga dapat menunjang terwujudnya pelayanan kesehatan yang prima (79,2%).
Saran yang diajukan adalah perlunya peningkatan kemampuan keterampilan petugas, peningkatan sikap kerja dari petugas, pembenahan infrastruktur puskesmas, penetapan standar pelayanan prima bidang kesehatan, dan bagi Puskesmas Lampa untuk dapat menyusun standarisasi pelayanan.

Jangan lupa like di facebook dan tinggalkan komentar


Dukung dengan donasi pulsa ke No : 082343360320

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer