FACTORS ASSOCIATED WITH PATIENT SATISFACTION IN INPATIENT PUSKESMAS PADANG SAPPA SUB DISTRICT BUPON LUWU
People's satisfaction with the service community health center is an assessment of the level of quality of service provided care health center health center which is oriented to the customer in this case the people in the working area.
Decrease utilization of health services at health center level will indicate Padang Sappa kekurangpuasan community health centers for services provided. Under these conditions, the research on community satisfaction with the service centers need to be implemented.
This type of observational study is the design of Cross Sectional Study which aims to determine the factors associated with patient satisfaction to health care at the health center Padang District Sappa Bupon Luwu.
The study population was all patients hospitalized at the health center Padang Sappa the study sample is determined based on sampling techniques exhautive sampling with a sample size of 38 patients. The collection of data by conducting interviews which are then processed by computer-assisted analysis of data using a statistical approach to test and Chi Square Test dijsaikan in tabular form.
The results obtained evidence that there is a direct relationship (tanggibles) responsiveness (responsivennes), reliability (reliability), security (assurences) and kemampupahaman (empathy) toward the realization of patient satisfaction on health care held in Padang Sappa health center.
The suggestions was the need to inventory the various facilities owned health centers, provision of supplies and upgrading of health centers in particular on the implementation of quality services and improved communication skills of health personnel.
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS PADANG SAPPA KECAMATAN BUPON KABUPATEN LUWU
Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas merupakan penilaian masyarakat akan tingkat kualitas pelayanan yang diberikan puskesmas dimana pelayanan puskesmas sudah berorientasi kepada pelanggan dalam hal ini masyarakat dalam wilayah kerjanya. Penurunan pemanfaatan pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas Padang Sappa memberi indikasi akan kekurangpuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan puskesmas. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian tentang kepuasan masyarakat atas pelayanan puskesmas perlu dilaksanakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Padang Sappa Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu.
Populasi penelitian adalah seluruh pasien rawat inap di Puskesmas Padang Sappa dengan sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik pengambilan sampel secara exhautive sampling dengan besar sampel sebanyak 38 pasien. Pengumpulan data dengan melaksanakan wawancara langsung yang kemudian diolah dengan bantuan komputer dengan analisa data menggunakan pendekatan uji statistik Chi Square Test dan dijsaikan dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan bukti langsung (tanggibles) ketanggapan (responsivennes), kehandalan (reliability), jaminan (assurences) dan kemampupahaman (empathy) terhadap perwujudan kepuasan pasien atas pelayanan kesehatan yang diselenggarakan di Puskesmas Padang Sappa.
Saran yang diajukan adalah perlunya inventarisasi berbagai fasilitas yang dimiliki puskesmas, pemberian bekal dan peningkatan kemampuan puskesmas khususnya tenaga kesehatan tentang penyelenggaraan pelayanan yang bermutu dan peningkatan kemampuan berkomunikasi dari tenaga kesehatan.
Jangan lupa like di facebook dan tinggalkan komentar
Dukung dengan donasi pulsa ke No : 082343360320
ARTIKEL TERKAIT:
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
Puskesmas
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pelayanan Prima Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Perencanaan Pelayanan Kesehatan
- Download Skripsi AKK - Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi Pelayanan Peserta Askes di Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Karakteristik Petugas Dikaitkan dengan Kelengkapan dan Ketepatan Waktu SP2TP
- Download Skripsi AKK - Beban Kerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Kinerja Perawat Di Puskesmas
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Persepsi Yankes Gratis
0 komentar:
Posting Komentar