Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap

Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tarakan Tahun 2009 
(Analysis of Service Quality and Satisfaction Inpatient Hospital General Regional City of Tarakan in 2009)

This study aims to analyze the quality of health care based on the expected service and care received (patient satisfaction) to the quality of inpatient care in the installation of Tarakan City Hospital. This type of observational study is the design of Cross Sectional Study. The unit of analysis of this research is Inpatient Unit General Hospital Tarakan City with the subject patient or family who visit Inpatient Installation.

The collection of research data by conducting interviews langgsung using questionnaires as research instruments. Data analysis conducted univariate, bivariate and multivariate. The results obtained that the level of patient satisfaction with the service provided at Tarakan Hospital inpatient installation has not met expectations, there is a high gap between the desired service with perceived service patients, there is a relationship between the desired service and perceived quality of care in patients with installation Tarakan hospital inpatient and responsiveness (responsivennes) is the dimension that gives a higher contribution to the assessment of the patient's quality of service provided. Therefore, for installation Tarakan Hospital Inpatient work standards organizations to develop, deliver to the consumer-oriented services and to evaluate the success of the service; For Managerial Tarakan Hospital to Develop patterns of health care-oriented hospital to customers, and evaluating the success of service ; for Further Research, to review the assessment of the success of the service by using a standardized approach to the successful achievement of professionalism of the officers.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan pelayanan yang diharapkan dan pelayanan yang diterima (kepuasan pasien) terhadap kualitas pelayanan pada instalasi rawat inap RSUD Kota Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study. Unit analisis dari penelitian ini yaitu Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tarakan dengan subjeknya pasien atau keluarga yang berkunjung ke Instalasi Rawat Inap. Pengumpulan data penelitian dengan melakukan wawancara langgsung menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisa data dilakukan secara univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan di instalasi rawat inap RSUD Tarakan belum memenuhi harapan, terdapat kesenjangan yang tinggi antara pelayanan yang diinginkan dengan pelayanan yang dirasakan pasien, terdapat hubungan antara pelayanan yang diinginkan dan dirasakan pasien dengan kualitas pelayanan di instalasi rawat inap RSUD Tarakan dan ketanggapan (responsivennes) merupakan dimensi yang memberi kontribusi yang lebih tinggi terhadap penilaian pasien atas kualitas pelayanan yang diberikan.
Oleh sebab itu, Bagi Instalasi Rawat Inap RSUD Tarakan untuk menyusun standar kerja organisasi, memberikan pelayanan yang berorientasi kepada konsumen dan melakukan evaluasi terhadap keberhasilan pelayanan; Bagi Manajerial RSUD Tarakan untuk Menyusun pola pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelanggan, dan evaluasi terhadap keberhasilan pelayanan; Bagi Penelitian Selanjutnya, untuk meninjau penilaian keberhasilan pelayanan dengan menggunakan pendekatan keberhasilan pencapaian standar keprofesian dari petugas.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer