Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Pola Laktasi Ibu Nifas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN POLA LAKTASI PADA IBU NIFAS DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK SITTI KHADIJAH MAKASSAR 

Pola laktasi adalah suatu tata laksana yang menyeluruh yang menyangkut laktasi dan penggunaan ASI yang menuju keberhasilan menyusui baik
ibu maupun bayinya (Ratna S, 1986). Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya : nyeri, dukungan sosial, pengetahuan, psikologis, pekerjaan, gizi ibu, kesediaan ibu dan umur ibu.serta ditambah pila dengan tingkat pendidikan, sosial budaya dan penyakit ibu yang dapat terjadi pada ibu post partum. Pada penelitian ini hanya dibatasi pada aspek dukugan sosial, pengetahuan, pekerjaan dan kesedian ibu yang mempengruhi pola laktasi pada ibu post partum.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial, pengetahuan, pekerjaan dan kesiapan ibu dengan pola laktasi. Besar sampel diperoleh melalui perhitungan besar sampel sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 120 ibu dan penentuan sampel dengan menggunakan metode sampling secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan melaksanakan wawancara langsung kepada sampel dan menggunakan kuesioner penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 13.0 dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan tabel silang antarvariabel disertai penjelasan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan dukungan sosial dan pengetahuan ibu terhadap pola laktasi yang dijalankan ibu nifas. Sedangkan untuk kesiapan ibu tidak ada hubungan dengan pola laktasi.
Saran-saran yang diajukan pada penelitian ini adalah pihak keluarga terdekat khususnya sang suami diharapkan dapat memberikan dorongan psikologis yang lebih kepada ibu untuk melaksanakan pola laktasi dengan baik dan pemberian informasi yang cukup tentang pola laktasi yang benar.


Kata Kunci : Pola Laktasi, Air Susu Ibu, Ibu Nifas

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer