Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Penggunaan Alat Kontrasepsi Hormonal

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI HORMONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI PROPINSI SULAWESI TENGGARA

Kontrasepsi merupakan teknik-teknik untuk menjarangkan atau membatasi kehamilan. Keberhasilan dalam pemakaian kontrasepsi merupakan
salah satu bukti keberhasilan program KB nasional. Keberhasilan tersebut telah diakui secara global dan bahkan menjadi model program KB di negara-negara berkembang, dan itu mengantar Indonesia sebagai pusat di bidang kependudukan, KB dan kesehatan reproduksi. Keputusan tiap pasangan dalam memilih alat kontrasepsi yang akan digunakan termasuk jenis kontrasepsi hormonal dipengaruhi oleh beberapa hal yang pada penelitian ini mencakup umur ibu, jumlah anak, dukungan suami dan efek samping.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk menganalisis hubungan variabel independen dengan variabel dependen yakni hubungan umur ibu, jumlah anak, dukungan suami dan efek samping dengan penggunaan metode kontrasepsi hormonal.
Sampel penelitian adalah peserta KB Aktif yang memanfaatkan metode kontrasepsi dengan besar sampel ditentukan menggunakan rumus sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 129 ibu. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan melaksanakan wawancara langsung menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji statistik Yate’s Correction. Penyajian data penelitian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi gambaran dari masing-masing variabel dan tabel silang hubungan antar variabel penelitian.
Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan umur ibu dengan pemanfaatan metode kontrasepsi hormonal dimana pada ibu dengan umur yang ideal dan tidak ideal tetap menggunakan metode kontrasepsi hormonal, terdapat hubungan jumlah anak, dukungan suami dan efek samping dengan pemanfaatan metode kontrasepsi hormonal dimana ibu yang memiliki jumlah anak ideal disebabkan karena penggunaan metode kontrasepsi hormonal sehingga ibu merasa puas terhadap pemanfaatan metode kontrasepsi hormonal, ibu yang memperoleh dukungan dari suami cenderung akan memanfaatkan kontrasepsi hormonal disebabkan karena kemudahan dalam penggunaannya dan ibu yang memanfaatkan metode kontrasepsi hormonal disebabkan karena tidak adanya efek samping yang dikeluhkan ibu.
Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah Perlunya penyebaran informasi secara merata terhadap pemanfaatan metode kontrasepsi hormonal terutama pada suami sehingga menjadi motivator kepada pasangannya (isteri) untuk memanfaatkan jenis kontrasepsi hormonal sebagai metode ber-KB dengan bahan informasi tentang kemudahan penggunaan kontrasepsi hormonal dan kurangnya efek samping dan dalam rangka pemanfaatan metode kontrasepsi hormonal secara maksimal kepada wanita pasangan usia subur maka diperlukan penemuan metode kontrasepsi baru yang tidak memberikan efek samping kepada penggunanya dan sekalipun ada maka efek samping tersebut relatif rendah dan masih dapat ditolerir oleh ibu sebagai pengguna kontrasepsi.

Kata Kunci : Kontrasepsi Hormonal, Umur, Jumlah Anak

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer