ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DITINJAU DARI ASPEK TENAGA KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT NENE’ MALLOMO KABUPATEN SIDRAP PROPINSI SULAWESI SELATAN
Pelayanan kesehatan berkualitas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi mengingat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempengaruhi perkembangan pola pikir dan permintaan masyarakat akan pelayanan yang lebih
berkualitas dan peran tenaga kesehatan merupakan aspek yang memberi sumbangsi lebih terhadap perwujudan kualitas tersebut. Kualitas pelayanan dipengaruhi oleh beberapa dimensi yang pada penelitian ini mencakup tangibles (jumlah petugas), reliability (kehandalan petugas), responsivennes (ketanggapan petugas), assurances (jaminan petugas) dan empathy petugas.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan Cross Sectional Study. Sampel pada penelitian ini adalah pasien rawat inap RS Nene’ Mallomo Kabupaten Sidrap pada bulan Mei 2007. Analisis data menggunakan uji Chi Square Test dengan memperhitungkan nilai probabilitas (p value) yang dibandingkan dengan nilai alpha (α = 0,05).
Hasil penelitian bahwa terdapat hubungan jumlah petugas, ketanggapan, kehandalan, jaminan dan empathy petugas dengan perwujudan kualitas pelayanan di rumah sakit dimana semakin baik dimensi tersebut akan menunjukkan peningkatan kualitas pelayanan yang memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasien. Dalam rangka menunjang pelayanan kesehatan secara efektif dan efisien, pada instansi pelayanan kesehatan harus memperhitungkan aspek jumlah ketenagaan yang disesuaikan dengan jumlah pengunjung, keterampilan ditingkatkan baik melalui pendidikan lanjutan maupun pelatihan sehingga menunjang aspek kehandalan dan ketanggapan dalam memberikan pelayanan, bagi tenaga perawat untuk dapat menciptakan suasana kondusif dan memiliki kemampuan dalam membina hubungan komunikasi dengan masyarakat.
ARTIKEL TERKAIT:
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Skripsi
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor yang Berhubungan Dengan Gastritis
- Download Skripsi Kesehatan - Gambaran Gangguan Menstruasi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Pemanfaatan Antenatal Care Ibu Hamil Di Puskesmas Bahonsuai
- Faktor Kejadian Demam Berdarah Dengue Pasien RS. Wahidin Sudirohusodo
- Faktor Penyakit Hipertensi Di Puskesmas Padang Sappa
- Gangguan Menarche Siswi SMU Cokroaminoto
- Penggunaan Alat Kontrasepsi Hormonal
- Pola Laktasi Ibu Nifas
- Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Risiko Hepatitis Virus B
- Hubungan Sikap dan Pengetahuan Remaja Putri terhadap Keputihan
0 komentar:
Posting Komentar