“Studi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Di Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe"
Tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dapat dinilai berdasarkan
kepuasan pasien serta penyelenggaraan yang sesuai etika dan standar profesi yang ditetapkan. Kepuasan pasien pada penelitian ini dinilai berdasarkan dimensi pelayanan mencakup kehandalan (reliability), jaminan (assurances), bukti langsung (tanggibles), kemampupahaman (empathy) dan ketanggapan (responsivennes) yang harus diwujudkan dalam rangka kualitas pelayanan kesehatan.
kepuasan pasien serta penyelenggaraan yang sesuai etika dan standar profesi yang ditetapkan. Kepuasan pasien pada penelitian ini dinilai berdasarkan dimensi pelayanan mencakup kehandalan (reliability), jaminan (assurances), bukti langsung (tanggibles), kemampupahaman (empathy) dan ketanggapan (responsivennes) yang harus diwujudkan dalam rangka kualitas pelayanan kesehatan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang sedang berkunjung di Puskesmas Langara berjumlah 107 orang. Sampel penelitian sebanyak 84 pasien yang ditentukan menggunakan rumus besar sampel dan diambil menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara langsung kepada pasien dan atau keluarganya. Pengolahan data menggunakan komputer dan penyajian data dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan dimensi kehandalan (reliability) 81,3% menyatakan puas, berdasarkan dimensi jaminan (assurances) 82,4% menyatakan puas, berdasarkan bukti langsung (tanggibles) 83,6% menyatakan puas, berdasarkan kemampupahaman (empathy) 83,8% menyatakan puas dan berdasarkan ketanggapan (responsivennes) 83,1% menyatakan puas. Saran yang diajukan berupa peningkatan keterampilan petugas kesehatan melalui pelatihan dan pendidikan, perbaikan dan peningkatan fasilitas yang menunjang pelayanan serta peningkatan terhadap kualitas maupun kuantitas dari petugas kesehatan di puskesmas.
Kata Kunci : Kepuasan, Puskesmas
ARTIKEL TERKAIT:
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Skripsi
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor yang Berhubungan Dengan Gastritis
- Download Skripsi Kesehatan - Gambaran Gangguan Menstruasi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Pemanfaatan Antenatal Care Ibu Hamil Di Puskesmas Bahonsuai
- Faktor Kejadian Demam Berdarah Dengue Pasien RS. Wahidin Sudirohusodo
- Faktor Penyakit Hipertensi Di Puskesmas Padang Sappa
- Gangguan Menarche Siswi SMU Cokroaminoto
- Penggunaan Alat Kontrasepsi Hormonal
- Pola Laktasi Ibu Nifas
- Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Risiko Hepatitis Virus B
- Hubungan Sikap dan Pengetahuan Remaja Putri terhadap Keputihan
0 komentar:
Posting Komentar