Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara

“Studi Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Di Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe"

Tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan dapat dinilai berdasarkan
kepuasan pasien serta penyelenggaraan yang sesuai etika dan standar profesi yang ditetapkan. Kepuasan pasien pada penelitian ini dinilai berdasarkan dimensi pelayanan mencakup kehandalan (reliability), jaminan (assurances), bukti langsung (tanggibles), kemampupahaman (empathy) dan ketanggapan (responsivennes) yang harus diwujudkan dalam rangka kualitas pelayanan kesehatan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Langara Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe dengan jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang sedang berkunjung di Puskesmas Langara berjumlah 107 orang. Sampel penelitian sebanyak 84 pasien yang ditentukan menggunakan rumus besar sampel dan diambil menggunakan metode accidental sampling. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara langsung kepada pasien dan atau keluarganya. Pengolahan data menggunakan komputer dan penyajian data dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien berdasarkan dimensi kehandalan (reliability) 81,3% menyatakan puas, berdasarkan dimensi jaminan (assurances) 82,4% menyatakan puas, berdasarkan bukti langsung (tanggibles) 83,6% menyatakan puas, berdasarkan kemampupahaman (empathy) 83,8% menyatakan puas dan berdasarkan ketanggapan (responsivennes) 83,1% menyatakan puas. Saran yang diajukan berupa peningkatan keterampilan petugas kesehatan melalui pelatihan dan pendidikan, perbaikan dan peningkatan fasilitas yang menunjang pelayanan serta peningkatan terhadap kualitas maupun kuantitas dari petugas kesehatan di puskesmas.

Kata Kunci : Kepuasan, Puskesmas

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer