Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Hubungan Sikap dan Pengetahuan Remaja Putri terhadap Keputihan

Hubungan Sikap dan Pengetahuan Remaja Putri terhadap Keputihan di SMU Negeri 18 Makassar 


Keputihan merupakan gejala yang sangat sering dialami oleh sebagian besar wanita yang tidak hanya bisa mengakibatkan infertilitas,  tetapi

juga merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian. Sekitar 75% wanita di dunia pernah menderita keputihan, minimal sekali umur hidup dan 45% diantaranya bisa mengalami keputihan sebanyak dua kali atau lebih sedangkan remaja merupakan kelompok yang paling berisiko terhadap keptuihan. Kejadian keputihan terkait dengan banyak faktor dan diantaranya tidak terlepas dari pengetahuan dan sikap dari individu remaja tentang keputihan sehingga penelitian dilakukan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study, dengan pengumpulan data dilakukan pada 218 remaja putri melalui wawancara langsung. Data kemudian diolah dengan menggunakan komputer dengan menggunakan uji Chi Square untuk menilai hubungan pengetahuan dan sikap terhadap kejadian keputihan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan berhubungan dengan sikap terhadap keputihan pada remaja putri dimana pengetahuan yang cukup memberi kontribusi 80 persen terhadap terciptanya sikap yang positif pada remaja tentang keputihan. Oleh sebab itu, pendidikan kesehatan terutama tentang kesehatan reproduksi harus diberikan sedini mungkin kepada remaja, baik dengan mengikutsertakan pendidikan tentang kesehatan reproduksi dalam muatan belajar siswa, dan meningkatkan akses terhadap sumber informasi tentang keputihan kepada remaja.


Kata Kunci : Keputihan, Pengetahuan, Sikap dan Remaja Putri

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer