Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Faktor Risiko Hepatitis Virus B

ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN HEPATITIS VIRUS B DI BADAN LAYANAN UMUM (BLU) RUMAH SAKIT DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang menjadi masalah kesehatan masyarakat dunia. Angka infeksi hepatitis virus tipe B yang
tinggi di negara-negara industri. Kasus hepatitis dunia menurut laporan CDC (1999) cenderung tinggi. Hepatitis virus B (VHB) merupakan salah satu penyebab utama hepatitis kronis dan karsinoma hepatoselular (KHS) serta menyebabkan 1 juta kematian setiap tahunnya. Beberapa faktor yang diduga turut andil dalam peningkatan kejadian HVB yang pada penelitian ini mencakup jenis kelamin, riwayat alamiah penyakit dan status pekerjaan. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti dan menganalisi beberapa aspek yang mencakup faktor risiko terhadap kejadian hepatitis virus B.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan Case Control Study yang bertujuan untuk menganalisis besar risiko faktor jenis kelamin, pekerjaan dan riwayat alamiah penyakit terhadap kejadian hepatitis virus B.
Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan melakukan penelusuran status rekam medik penderita hepatitis virus B menggunakan daftar list variabel penelitian. Pengolahan data penelitian dengan menggunakan bantuan komputer program Microsof Excell 2003 dan SPSS for windows versi 13.0. Penyajian data penelitian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi untuk melihat gambaran dari varaiabel tunggal dan tabel silang untuk melihat hubungan antara variabel penelitian disertai penjelasan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kelamin merupakan faktor risiko terhadap kejadian Hepatitis B dimana laki-laki berisiko 3,8 kali untuk menderita Hepatitis B dibandingkan dengan perempuan, pekerjaan merupakan faktor risiko terhadap kejadian Hepatitis B dimana status bekerja berisiko 3,7 kali untuk menderita Hepatitis B dibandingkan dengan yang tidak bekerja dan riwayat alamiah penyakit merupakan faktor risiko terhadap kejadian Hepatitis B dimana mereka yang memiliki riwayat menderita Hepatitis B berisiko 5,1 kali untuk menderita Hepatitis B dibandingkan yang tidak memiliki riwayat penyakit Hepatitis B.
Saran yang diajukan pada penelitian adalah kelompok berisiko harus memperoleh perlindungan dari kemungkinan tertularnya VHB yang dapat dilaksanakan baik melalui penyuluhan kesehatan tentang bahaya hepatitis B beserta penjelasannya maupun dengan pelaksanaan imunisasi hepatitis B secara efektif dengan melaksanakan imunisasi bayi dan dewasa secara universal, Kelompok tidak berisiko sama halnya dengan kelompok berisiko namun lebih difokuskan pada upaya pencegahan terjadinya penularan hepatitis dengan memberikan perlindungan dini, dan Upaya lain yang dapat dilaksanakan adalah dengan pelaksanaan tindakan pengobatan dan penanggulangan secara baik, menyeluruh dan pelaksanaan pengobatan dengan menggunakan obat yang memiliki kemampuan yang lebih baik dan memiliki daya sembuh yang lebih akurat.

Kata Kunci : Hepatitis Virus B, Faktor Risiko


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer