Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Faktor Risiko Kematian Neonatal Di Kabupaten Morowali


Faktor Risiko Kematian Neonatal Di Kabupaten Morowali Propinsi Sulawesi Tengah 

Kematian neonatal adalah kematian yang terjadi setelah kelahiran hidup pada usia 0 – 28 hari yang
bersifat multifaktorial dan dalam penanganannya harus dilakukan secara komprehensif menggunakan pendekatan yang lebih spesifik dalam penanganan berbagai faktor risiko. Jumlah kematian neonatal di Kabupaten Morowali mengalami peningkatan dan ditemukan sebanyak 43 kasus dan memberi kontribusi terhadap tingginya angka kematian bayi. Berdasarkan keadaan tersebut sehingga penelitian dilakukan dengan meninjau faktor risiko asfiksia neonatorum, BBLR, umur ibu, paritas dan pelayanan antenatal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan rancangan Case Control Study. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner dan penelusuran literatur terkait dengan penelitian. Pengolahan data menggunakan komputer dengan analisis data menggunakan uji OR untuk analisis bivariat dan uji regresi logistik pada analisis multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko yang berhubungan dengan kematian neonatal adalah asfiksia neonatorum (OR = 42,134; 95% CI = 11,485 – 155,888), BBLR (OR = 18,519; 95% CI = 6,629 – 51,731) dan pelayanan antenatal (OR = 9,159; 95% CI = 3,288 – 25,514) sedangkan umur ibu (OR = 2,174; 95% CI = 0,956 – 4.945) dan paritas (OR = 0,950; 95% CI = 0,442 – 2,045) tidak berhubungan. Berdasarkan hal tersebut diharapkan bagi pemerintah daerah melakukan pendistribusian pelayanan kesehatan pada daerah yang lebih terpencil dan dukungan kebijakan dalam peraturan perundang-undangan daerah, bagi instansi pelayanan kesehatan untuk lebih mengedepankan pelayanan yang berkualitas dan berimbang.

Keyword : Kematian Neonatal, Asfiksia Neonatorum, BBLR, Umur, Paritas dan Pelayanan Antenatal


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer