Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Analisis Sistem Manajemen K3 RS TK II Pelamonia Makassar


Analisis Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja Di Rumah Sakit Tk II Pelamonia Makassar

Rumah Sakit merupakan tempat kerja yang unik dan kompleks sehingga mempunyai potensi bahaya yang sangat besar, tidak hanya
bagi pasien dan tenaga medis, risiko ini juga membahayakan pengunjung rumah sakit tersebut. Rumah Sakit Tk. II Pelamonia merupakan Rumah Sakit rujukan TNI-AD Kawasan Timur Indonesia yang diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik namun berdasarkan temuan masih banyak ditemukan terjadinya kecelakaan kerja dan timbulnya penyakit akibat kerja seperti penularan penyakit kepada petugas akibat kesalahan dalam bekerja dan adanya berbagai kecelakaan kerja akibat fasilitas, peralatan dan lingkungan kerja yang keseluruhan masalah tersebut berkaitan dengan penerapan manajemen K3 yang kurang baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan rancangan histografi yang ditujukan untuk menilai penerapan SMK3 di RS Tk II Pelamonia Makassar. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara yang dilakukan kepada lima orang informan sebagai narasumber yaitu petugas yang berkompeten dan memahami betul penerapan SMK3 di RS. Data kemudian dianalisis secara kualitatif menggunakan metode analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Komitmen dan kebijakan dalam penerapan SMK3 di RS Tk II Pelamonia disusun atas keputusan bersama dalam suatu rapat musyawarah antara pimpinan dan petugas di rumah sakit yang didasarkan atas standarisasi SMK3 dan disahkan dalam surat keputusan Kepala RS; (2) Perencanaan dalam penerapan SMK3 disusun berdasarkan atas asas manfaat dan kebutuhan rumah sakit dengan meninjau hasil pengkajian risiko penyakit dan kecelakaan yang dapat timbul di tempat kerja; (3) Pengorganisasian SMK3 disusun berdasarkan standar pelaksanaan SMK3 yang dilaksanakan sepenuhnya oleh Tim K3 yang telah dibentuk berdasarkan keputusan Kepala RS beserta tugas dan fungsinya masing-masing dan bertanggungjawab sepenuhnya secara struktural kepada Kepala RS; dan (4) Penyelenggaraan SMK3 dilaksanakan oleh tenaga K3 yang telah dibentuk dengan berpedoman pada hasil perencanaan yang telah disusun dan lebih berorientasi pada keberlangsungan program K3 dan standarisias pencapaian SMK3 di rumah sakit.


Kata Kunci         :    SMK3RS, Komitmen dan Kebijakan, Perencanaan, Pengorganisasian, Monitoring dan Evaluasi


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer