Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara


Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kecamatan Katoi Kabupaten Kolaka Utara Propinsi Sulawesi Tenggara

Kepemimpinan adalah proses timbal balik antar pemimpin dengan yang dipimpin dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Kepemimpinan yang efektif jika
seorang pemimpin dapat mensinergiskan segala sumber daya yang ada dan kepada bawahannya terjalin kerjasama yang baik dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Keberhasilan pelayanan kesehatan di tingkat instansi pelayanan kesehatan seperti puskesmas tidak terlepas dari kebijakan dari tingkat pimpinan dalam hal ini kepala puskesmas. Untuk mewujudkan hal tersebut, penerapan gaya kepemimpinan oleh seorang Kepala Puskesmas perlu menjadi perhatian dalam rangka mendukung keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Gaya kepemimpinan situasional merupakan salah satu bentuk kepemimpinan yang dapat diterapkan dalam mewujudkan kerja organisasi yang optimal. Sehingga penelitian tentang gaya kepemimpinan situasional pada Kepala Puskesmas Katoi dilakukan.
Penelitian dilakukan secara deskriptif dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan gaya kepemimpinan kepala puskesmas yang dinilai berdasarkan tanggapan pegawai dalam hal ini sebagai bawahan terhadap pola kepemimpinan dan harapan atas bentuk kepemimpinan bagi seorang Kepala Puskesmas Katoi. Pengumpulan data melalui wawancara langsung menggunakan kuesioner yang dilakukan pada 38 pegawai Puskesmas Katoi, kemudian data diolah menggunakan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel disertai narasi.
Hasil tanggapan pegawai menyatakan bahwa Kepala Puskesmas Katoi telah menerapkan gaya kepemimpinan situasional baik direktif, situasional, konsultatif dan direktif namun kecenderungannya Kepala Puskesmas Katoi lebih dominan menerapkan gaya delegatif. Sedangkan gaya kepemimpinan yang diharapkan oleh pegawai lebih cenderung konsultatif dan delegatif.
Berdasarkan hal tersebut sehingga bagi Kepala Puskesmas Katoi untuk lebih membangun kerjasama dengan bawahan begitupun sebaliknya pada bawahan untuk dapat membangun kerjasama yang baik dengan pimpinan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi melalui penerapan gaya konsultatif dan direktif.


Keyword : gaya kepemimpinan, direktif, situasional, konsultatif, delegatif


ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer