STUDI TENTANG TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MINASA UPA KOTA MAKASSAR SULAWESI SELATAN
Mutu pelayanan kesehatan merupakan aspek penting yang dapat memberikan kepuasan terhadap pasien. Hal ini dapat menjadi pendorong kepada pelanggan/pasien untuk menjalin ikatan yang kuat dengan pelayanan kesehatan. Salah satu dimensi yang paling penting dalam mutu pelayanan kesehatan
adalah dimensi hubungan antara manusia berkaitan dengan interaksi antara petugas kesehatan dengan pasien, manajer dengan petugas, dan antara tim kesehatan dan masyarakat. Tingkat kepuasan tersebut dapat dipengaruhi oleh proses penerimaan pasien, pelayanan dokter dan pelayanan perawat serta berbagai aspek yang turut mempengaruhi. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran proses penerimaan pasien, pelayanan dokter dan pelayanan perawat yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam penggunaan pelayanan kesehatan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, diolah dengan menggunakan bantuan komputer program Microsoft Excel dan SPSS for Windows versi 12.0 yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi ddisertai penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerimaan pasien sudah berada pada kategori baik dimana sebahagian besar responden menyatakan puas (98,6 %) pada proses penerimaan pasien, menyatakan puas terhadap pelayanan dokter (86,3 %) dan menyatakan puas terhadap pelayanan perawat (74,0 %). Saran-saran yang diajukan pada penelitian ini adalah pihak puskesmas untuk tidak melaksanakan proses penerimaan yang sifatnya berbelit-belit, perlunya pemberian kompensasi pada tenaga kesehatan puskesmas, dan perlunya peningkatan fasilitas yang menunjang pemberian pelayanan kesehatan ditingkat puskesmas.
adalah dimensi hubungan antara manusia berkaitan dengan interaksi antara petugas kesehatan dengan pasien, manajer dengan petugas, dan antara tim kesehatan dan masyarakat. Tingkat kepuasan tersebut dapat dipengaruhi oleh proses penerimaan pasien, pelayanan dokter dan pelayanan perawat serta berbagai aspek yang turut mempengaruhi. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran proses penerimaan pasien, pelayanan dokter dan pelayanan perawat yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam penggunaan pelayanan kesehatan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, diolah dengan menggunakan bantuan komputer program Microsoft Excel dan SPSS for Windows versi 12.0 yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi ddisertai penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerimaan pasien sudah berada pada kategori baik dimana sebahagian besar responden menyatakan puas (98,6 %) pada proses penerimaan pasien, menyatakan puas terhadap pelayanan dokter (86,3 %) dan menyatakan puas terhadap pelayanan perawat (74,0 %). Saran-saran yang diajukan pada penelitian ini adalah pihak puskesmas untuk tidak melaksanakan proses penerimaan yang sifatnya berbelit-belit, perlunya pemberian kompensasi pada tenaga kesehatan puskesmas, dan perlunya peningkatan fasilitas yang menunjang pemberian pelayanan kesehatan ditingkat puskesmas.
Keyword : Kepuasan, Puskesmas, Rawat Inap
Prepare to download
PDF
Alternatif link
Pass : karyailmiah
Sebelum download harap tinggalkan email konfirmasi atau like di facebook
Harap gunakan per link saja untuk mendownload filenya, karena satu link sudah mencakup keseluruhan file dan supaya pengunjung lain juga dapat mendownloadnya. Trims sebelumnya.
Semoga bermanfaat, thanks atas Comment nya
Beri dukungan dengan Donasi Berupa Voucer Pulsa ke No : 085394045756
ARTIKEL TERKAIT:
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Dokter
0 komentar:
Posting Komentar