Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Definisi Supervisi

Secara etimiologi, supervisi berasal dari bahasa latin yang terdiri atas kata super artinya di atas serta vidare artinya melihat. Dengan demikian jika ditinjau dari asal kata supervisi berarti melihat keatas. Secara umum dapat disebutkan yang dimaksud dengan supervisi adalah melakukan pengamatan secara langsung dan berkala oleh atasan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh bawahan untuk kemudian apabila ditemukan masalah, segara diberikan petunjuk atau bantuan yang bersifat langsung guna mengatasinya.
Teknik pokok supervisi pada dasarnya identik dengan teknik penyelesaian masalah (problem solving). Bedanya hanya pada cara pengumpulan data  serta cara penyelesaian masalah. Pada supervisi cara pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik pengamatan langsung (direct observation), serta cara penyelesaian masalah dilakukan secara bersama dan langsung di tempat (on the spot).
Supervisi merupakan tindakan mengawasi atau mengarahkan penyelesaian pekerjaan. Dengan adanya supervisi dapat memberikan feedback atau masukan-masukan bagi karyawan untuk melakukan perbaikan-perbaikan. Supervisi yang buruk dapat menyebabkan ketidakpuasan kerja yang pada akhirnya dapat menyebabkan tinginya absensi dan turnover.

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer