Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

KTI Kebidanan Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu Tentang Imunisasi Dasar


TINGKAT PENGETAHUAN KADER POSYANDU TENTANG IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMBANTU POJOK KECAMATAN MOJOROTO 
KOTA KEDIRI  


Indikator keberhasilan program imunisasi dikatakan berhasil jika cakupan target imunisasi mencapai target UCI ( Universal Child Imunization ) yakni 86 % balita telah di  imunisasi. Dewasa ini, Desa yang mencapai cakupan imunisasi dasar lengkap diatas 80 % untuk anak di bawah 1 tahun baru sekitar 73 %.
Rendahnya cakupan tersebut mungkin disebabkan kurangnya sosialisasi kegiatan imunisasi yang dilakukan kader di posyandu, termasuk dampak yang mungkin terjadi dan cara penanggulangannya. Meja penyuluhan banyak yang tidak berjalan karena kurangnya pengetahuan dan kepercayaan dini kader dalam melakukan penyuluhan. Sehingga masih ada ibu – ibu enggan membawa anaknya ke posyandu, selama ini tidak ada penjelasan tentang kemungkinan yang terjadi akibat imunisasi itu dan apa yang harus dilakukan jika kemungkinan itu terjadi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kader posyandu tentang imunisasi dasar secara umum serta mengetahui pengertian, macam, manfaat serta jadwal pemberian  imunisasi dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah diskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kader posyandu sejumlah 45 responden di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Istrumen yang digunakan adalah angket. Jumlah sampel sebesar 40 responden. Data yang diperoleh  ditabulasi dengan memberi skor kemudian diprosentasikan, setelah itu dikelompokkan.

Dai hasil penelitian didapatkan  pengetahuan kader posyandu tentang imunisasi dasar dengan kriteria baik berjumlah 32 responden ( 80 % ), kriteria cukup 7 responden ( 17,5 % ), kriteria kurang 1 responden ( 2,5 % ) dan tidak ada responden dengan kriteria tidak baik.

Kata Kunci : Pengetahuan, kader posyandu dan imunisasi dasar

Tinggalkan email konfirmasi atau like facebook

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer