Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

KTI Kebidanan-Pengetahuan Ibu Post Partum tentang Senam Nifas

GAMBARAN PENGETAHUAN IBU POST PARTUM TENTANG SENAM NIFAS DI RS MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI 


Masa nifas (puerperium) adalah masa pulih kembali, mulai dari persalinan selesai sampai alat-alat kandungan kembali  seperti pra-hamil, masa nifas ini yaitu 6-8 minggu. Dalam masa nifas alat-alat genetalia interna maupun eksterna akan berangsur-angsur pulih kembali seperti keadaan sebelum hamil.
Dimana pada saat hamil beberapa otot mengalami penguluran terutama otot tahim dan perut, setelah melahirkan rahim tidak secara cepat kembali seperti semula tetapi melewati proses. Oleh karena itu, untuk mengembalikan ke kondisi semula diperlukan suatu senam yang dikenal dengan senam nifas. Akan tetapi umumnya para ibu pasca melahirkan takut melakukan  banyak gerakan, sang ibu khawatir gerakan- gerakan yang dilakukannya akan menimbulkan dampak yang tidak di inginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan ibu post partum tentang senam nifas di RS Muhammadiyah Kota Kediri.

Penelitian ini dilaksanakan di Ruang Nifas RS Muhammadiyah Kota Kediri pada tanggal 13-20 Juli 2008. Desain penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu nifas yang fisiologis dan patologis yang ada di ruang nifas  RS Muhammadiyah Kota Kediri yang berjumlah 11 orang. Teknik sampling adalah Sampling Jenuh.  Alat ukur yang digunakan adalah angket yang bersifat tertutup. Data yang diperoleh di tabulasi kemudian dikelompokkan dan dianalisa.

Hasil penelitian diperoleh 11 responden dimana 3 responden (27,27%) mempunyai pengetahuan baik, 8 responden (72,73%) mempunyai pengetahuan cukup serta tidak ada responden yang mempunyai pengetahuan kurang dan tidak baik. Sebagian besar responden berpengetahuan cukup yaitu 72,73%. Saran yang disampaikan perlu ditingkatkan pengetahuan ibu post partum tentang senam nifas melalui penyuluhan-penyuluhan yang dilakukan oleh bidan / perawat.

Kata kunci : pengetahuan, ibu post partum, senam nifas.

Tinggalkan Email Konfirmasi atau Like di Facebook

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer