Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

KTI Kebidanan Peran Suami Dalam Proses Persalinan


GAMBARAN PERAN SUAMI DALAM PROSES PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGASEM  KECAMATAN GAMPENGREJO  KABUPATEN KEDIRI 


Dalam persalinan terdapat faktor  yang memegang peranan penting, salah satunya yaitu psikis ibu. Kemajuan persalinan dapat difasilitasi apabila wanita merasa aman, dihormati, dan dirawat oleh seorang ahli yang bertanggung jawab terhadap keamanannya, serta ketika nyerinya ditangani secara adekuat dan aman.
 Pasangan ( suami ) dan pemberi perawatan persalinan berperan penting atas perasaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran peran suami dalam proses persalinan.

Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan populasi penelitian adalah semua suami dari ibu bersalin di Wilayah Kerja Puskesmas Ngasem Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Jumlah populasi yaitu 15 responden, dan jumlah sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 13 responden. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 13-20 Juli 2008 dengan menggunakan teknik observasi dan alat ukurnya berupa  check list. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif dengan menggunakan tabulasi frekuensi.

Dari penelitian didapatkan peran suami dalam proses persalinan sebagian besar adalah  cukup. Selama Kala I persalinan sebagian besar peran suami adalah baik. Selama Kala II persalinan sebagian besar peran suami adalah baik. Selama Kala III persalinan sebagian besar peran suami adalah cukup. Selama Kala IV persalinan sebagian besar peran suami adalah baik.

Diharapkan bidan dapat memberikan konseling kepada suami tentang apa saja yang dapat dilakukan selama proses persalinan berlangsung. Hal ini dapat dilakukan selama trimester III, disaat pemeriksaan kehamilan. Pada akhirnya suami dapat mengerti hal-hal apa saja yang dapat dilakukan selama proses persalinan berlangsung, sehingga peran suami tersebut akan masuk dalam kategori baik.

Kata kunci : Peran, Suami, Persalinan.

Tinggalkan email konfirmasi atau like di facebook

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer