Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

KTI Kebidanan Peran Ibu Terhadap Remaja Putri Hadapi Menstruasi


PERAN IBU TERHADAP  REMAJA PUTRI USIA  10-12 TAHUN DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI DESA WONOCATUR KECAMATAN GAMPENGREJO  
KABUPATEN KEDIRI


Seorang ibu memiliki peranan penting terhadap remaja putrinya. Apalagi hal ini menyangkut menarche dimana pada proses menstruasi ini akan menjadikan sesuatu yang membuat remaja putri was – was dan risau manakala kedua orang tua (terutama ibu) tidak memberikan penjelasan secara profesional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ibu terhadap remaja putri usia 10 – 12 tahun dalam menghadapi menarche.

Penelitian ini dilakukan di Desa  Wonocatur Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jumlah sampel ditetapkan 18 orang ibu dari hasil pendataan yang telah dilakukan dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan total sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner, dimana kuesioner ini berisi pertanyaan tentang peran ibu terhadap remaja putrinya dalam menghadapi menarche, dan  responden menjawab pertanyaan peneliti, selanjutnya dilakukan analisa data.

Dari hasil penelitian didapatkan bahwa peran ibu terhadap remaja putri usia 10 – 12 tahun dalam menghadapi menarche adalah cukup (61,11%), sedangkan peran ibu terhadap remaja  putri dalam memberikan informasi mengenai haid pertama bagi putrinya dan cara menjaga kebersihan diri saat haid adalah cukup (50%). Peran ibu dalam  mengamati perubahan fisik yang terjadi pada putrinya adalah cukup (50%). Peran ibu dalam memberikan keterangan mengenai frekuensi, lama dan jumlah darah yang keluar saat haid adalah cukup (50%).

Kata Kunci : Peran Ibu, remaja putri usia 10 – 12 tahun, menarche

Tinggalkan email konfirmasi atau like di facebook

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer