Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Skripsi Administrasi Kesehatan Gratis-Mutu Pelayanan Peserta Askes

Skripsi bidang Administrasi Kesehatan saya share via enterupload. Deskripsi penelitiannya sebagai berikut



“STUDI TENTANG MUTU PELAYANAN PASIEN PESERTA ASKES DI INSTALASI RAWAT DARURAT RUMAH SAKIT IBNU SINA MAKASSAR TAHUN 2007”
 
Pelayanan kesehatan merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi status kesehatan masyarakat. Namun dalam penyelenggaraannya harus dapat memenuhi kepuasan bagi konsumen dalam artian pelayanan kesehatan haruslah bermutu. Beberapa aspek yang mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan
adalah ditinjau dari aspek bukti langsung (tangibles), ketanggapan (responsivennes), kehandalan (reliability), jaminan (assurances) dan empathy. Berdasarkan hal tersebut maka penulis melaksanakan penelitian tentang mutu pelayanan pada pasien peserta Askes dengan mengambil lokasi penelitian pada instalasi rawat darurat RS Ibnu Sina Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan rancangan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang mutu pelayanan kesehatan pasien peserta Askes pada instalasi rawat darurat Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar ditinjau dari bukti langsung (tangibles), ketanggapan (responsivennes), kehandalan (reliability), jaminan (assurances) dan empathy.
Sampel penelitian adalah sebanyak 40 orang peserta Askes yang memanfaatkan pelayanan di instalasi rawat darurat RS Ibnu Sina pada saat penelitian berlangsung dengan kriteria telah dirawat 1 x 24 jam. Pengumpulan data melalui wawancara langsung kepada pasien dan atau keluarganya jika pasien dalam keadaan tidak sadar diri. Pengolahan data menggunakan bantuan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi disertai penjelasan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa mutu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan pada instalasi rawat darurat RS Ibnu Sina Makassar sudah berada pada ketegori baik yang ditunjang dengan bukti fisik langsung pelayanan yang baik (87,5%), kehandalan pelayanan yang baik (85%), ketanggapan pelayanan yang baik (77,5%), jaminan pelayanan yang baik (87,5%) dan empathy pelayanan yang baik (80%). Sehingga adanya ketersediaan fasilitas fisik yang baik, kemampuan dan keterampilan petugas, kesigapan petugas dalam memberikan pelayanan, kenyamanan dan keamanan yang tercipta dan hubungan komunikasi yang terjalin dengan baik akan mendukung perwujudan pelayanan yang lebih berkualitas dan memuaskan.
Saran yang diajukan pada penelitian adalah penambahan dan perbaikan fasilitas termasuk penambahan jumlah petugas yang bekerja di rumah sakit, peningkatan pengetahuan melalui pemberian pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan penambahan jumlah tenaga kesehatan sebagai pelaksana pelayanan kesehatan serta ditunjang dengan penambahan fasilitas pelayanan yang menjadi kebutuhan utama terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat

Kata Kunci : Mutu Pelayanan, Askes
  
Dapatkan filenya lengkap mulai sampul sampai hasil pengolahan datanya dengan gratis


Sekali lagi gratis
Sebelum download harap like via facebook atau join via email gratis. 

ARTIKEL TERKAIT:

2 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Postingan Populer