Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Tesis Gizi Kesehatan masyarakat-Hubungan Pola Pemberian MP-ASI Lokal dan Status Gizi

HUBUNGAN POLA PEMBERIAN MP-ASI LOKAL DAN STATUS GIZI ANAK USIA 6 – 12 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAMPANG KOTA MAKASSAR 

Makanan pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan atau minuman yang mengandung zat gizi, diberikan kepada bayi atau anak sejak usia 6 bulan sampai usia 24 bulan guna memenuhi kebutuhan gizi selain dari ASI yang mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan bayi. Gizi kurang dan gizi buruk pada
balita tidak hanya menimbulkan gangguan pertumbuhan fisik, tetapi juga pengaruhnya pada kecerdasan dan produktifitas di masa dewasa. Pemberian MP-ASI ditinjau dari jenis, frekuensi dan jumlah yang tidak disesuaikan dengan perkembangan usia anak akan mempengaruhi sistem pencernaan yang berdampak pada timbulnya diare yang pada akhirnya akan mempengaruhi status gizi anak. MP-ASI yang dikonsumsi anak usia 6 – 24 bulan sebaiknya disesuaikan dengan sosial budaya masyarakat setempat. MP-ASI Lokal adalah MP-ASI yang dibuat oleh ibu rumah tangga dengan menggunakan bahan pangan setempat secara tradisional merupakan alternatif terhadap pemenuhan kebutuhan nutrisi anak namun pemberian MP-ASI lokal oleh masyarakat cenderung tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik mengadakan penelitian tentang pola pemberian MP-ASI lokal dan status gizi anak usia 6 – 12 bulan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola pemberian MP-ASI lokal berdasarkan jenis, frekuensi dan jumlah dengan status gizi anak umur 6 – 12 bulan.

Populasi penelitian adalah seluruh anak usia 6 – 12 bulan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Pampang dengan sampel penelitian sebanyak 83 anak yang ditentukan berdasarkan rumus besar sampel dan metode pengambilan sampel secara sistematic random sampling.

Pengumpulan data penelitian dengan melakukan wawancara menggunakan istrument penelitian berupa kuesioner dan food recall 24 hours yang dilanjutkan dengan pengukuran berat badan dan tinggi badan anak umur 6 – 12 bulan. Pengolahan data penelitian menggunakan komputer dengan analisis data menggunakan uji statistik Chi Square Test dengan meninjau nilai X2 hitung.

Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan frekuensi, jenis dan jumlah pemberian MP-ASI lokal dengan status gizi anak umur 6 – 12 bulan sehingga dengan frekuensi, jenis dan jumlah pemberian MP-ASI lokal yang baik akan menunjang status gizi anak yang normal.

Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah perlunya penyebaran informasi secara merata kepada seluruh masyarakat terutama oleh ibu dengan melibatkan petugas gizi di lingkup puskesmas yang berhubungan dengan pola pemberian MP-ASI lokal yaitu memanfaatkan sumber daya daerah setempat dan dengan jenis, frekuensi dan jumlah yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang cukup dan menunjang tumbuh kembang anak yang optimal, peningkatan pelatihan kepada petugas kesehatan khususnya petugas gizi di puskesmas untuk menunjang distribusi informasi kepada masyarakat tentang pola pemberian MP-ASI yang baik dan benar termasuk penerapan MP-ASI lokal untuk memenuhi kebutuhan anak dan pada penelitian selanjutnya untuk meninjau secara lebih mendalam tentang variabel-variabel yang berhubungan dengan pola pemberian MP-ASI dan berbagai faktor yang mempengaruhi status gizi anak.

Kepustakaan : 20 (1988 – 2008)

Sebelum download harap like via facebook atau join via email gratis. 

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer