Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Skripsi/Tesis Gizi Kesehatan masyarakat

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN PEMBERIAN ASI DENGAN STATUS GIZI BAYI DI RUMAH SAKIT BERSALIN AISYIYAH SITTI KHADIJAH KABUPATEN PINRANG


Pada awal kehidupan dimasa bayi, upaya pembentukan status gizi khususnya usia 0 – 6 bulan dipenuhi dengan pemberian ASI secara eksklusif. Pemberian ASI sebagai sumber nutrisi utama bayi biasanya tidak dilaksanakan oleh banyak ibu terutama pemberian kolostrum. Akibatnya, tingginya presentase
gizi kurang pada penduduk anak balita mencapai 25,8%. Berdasarkan hal tersebut, penelitian tentang pemberian ASI perlu dilaksanakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pemberian ASI dan hubungannya dengan status gizi bayi dengan mengambil lokasi penelitian di di Rumah Sakit Bersalin Aisiyah Sitti Khadijah Kabupaten Pinrang.
Populasi penelitian adalah keseluruhan subjek penelitian yakni bayi yang masih memanfaatkan pelayanan dengan sampel penelitian sebanyak 47 bayi baru lahir yang ditentukan menggunakan metode exhaustive sampling. Pengumpulan data penelitian dengan wawancara langsung kepada ibu dan melakukan penimbangan berat badan bayi dalam rangka mengukur status gizi bayi. Pengolahan data dengan menggunakan komputer dengan analisa data menggunakan pendekatan uji statistik Chi Square Test yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat hubungan pengetahuan ibu, peran keluarga dan peran tenaga bidan dengan pemberian ASI sedangkan pemberian ASI tidak berhubungan dengan status gizi bayi.
Saran yang diajukan adalah perlunya pemberian informasi kepada ibu tentang manfaat pemberian ASI, yang juga ditujukan kepada masyarakat secara umum khususnya keluarga terdekat seperti suami, bagi tenaga bidan diharapkan memiliki peran serta aktif dan tanggung jawab moril terhadap keberhasilan program menyusui yang ditunjang dengan pengembangan kemapuan tenaga bidan dalam keterampilan berkomunikasi.

Kepustakaan : 23 (1992 – 2007)

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer