Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Tesis Epidemiologi Analisi Faktor Risiko TB Paru

ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN TB PARU DI PUSKESMAS RALLA KECAMATAN TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU 

(EVENT ANALYSIS OF RISK FACTORS IN PULMONARY TB SUB PUSKESMAS RALLA Tanete Riaja Barru district)

Pulmonary TB is still a public health problem in Indonesia with a number of cases is still rising every year. Pulmonary TB treatment programs with DOTS strategy is a form of treatment is carried out regularly and continuously have been implemented to its full potential but if it is reviewed in depth that the incidence of pulmonary TB is still showing an increase of course, includes some aspects of the alleged risk factors

should get more special treatment. In this study, these risk factors may include BCG immunization, income level and knowledge.

TB paru masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia dengan jumlah kasus yang masih meninggi setiap tahunnya. Program pengobatan TB paru dengan strategi DOTS merupakan bentuk pengobatan yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan telah dilaksanakan secara maksimal namun jika ditinjau secara mendalam bahwa kejadian TB paru yang masih menunjukkan peningkatan tentunya mencakup beberapa aspek yang diduga sebagai faktor risiko yang harus memperoleh penanganan lebih khusus. Pada penelitian ini, faktor risiko tersebut dapat berupa pemberian imunisasi BCG, tingkat pendapatan dan pengetahuan.

Jenis penelitian adalah penelitian observasional dengan rancangan Case Control Study yang bertujuan untuk menganalisis faktor risiko pengetahuan, imunisasi BCG dan pendapatan terhadap kejadian TB Paru. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan dengan melaksanakan wawancara langsung dimana wawancara dilaksanakan dengan melakukan kunjungan rumah kepada pasien TB paru menurut laporan Puskesmas Ralla. Data yang dikumpulkan kemudian dikelompokkan dan diolah dengan menggunakan bantuan komputer program Microsoft Excell Profesional 2003 dan SPSS for windows versi 12.0 yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi analisis univariat dan tabel silang analisis bivariat disertai penjelasan. Analisis data penelitian dengan menggunakan uji statistik Odds Ratio (OR) dengan memperhitungkan nilai lower dan upper limit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan merupakan faktor risiko terhadap kejadian TB Paru dimana mereka dengan pengetahuan kurang berisiko 3 kali untuk mengalami TB Paru dibandingkan yang memiliki pengetahuan TB Paru cukup, imunisasi BCG merupakan faktor risiko terhadap kejadian TB Paru dimana mereka yang tidak memperoleh imunisasi BCG pada umur sebelum 2 bulan berisiko 3 kali untuk mengalami TB Paru dibandingkan yang telah memperoleh imunisasi BCG pada umur kurang 2 bulan dan pendapatan merupakan faktor risiko terhadap kejadian TB Paru dimana mereka dengan pendapatan kurang berisiko 3,5 kali untuk mengalami TB Paru dibandingkan yang memiliki pendapatan yang cukup > Rp. 1.000.000 / bulan.
Saran yang diajukan pada penelitian adalah perlunya penyelenggaraan penyuluhan kesehatan secara merata dan berkesinambungan kepada masyarakat terutama lagi kepada penderita sehingga hal ini akan menumbuhkan kesadaran akan pencegahan dan penanganan TB Paru yang lebih komprehensif dengan pelibatan masyarakat, penyelenggaraan imunisasi BCG harus dilaksanakan secara merata kepada seluruh masyarakat yang diberikan pada usia kurang dari 2 bulan namun hal ini juga harus ditunjang dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung pelaksnaan imuniasasi secara lengkap kepada seluruh masyarakat terutama balita dan penyelenggaraan pegobatan yang telah dilaksanakan secara gratis terutama pada pengobatan TB paru seyogyanya bukan lagi berorientasi pada pembebasan biaya saja namun juga harus memperhitungkan aspek keterjangkauan masyarakat untuk menggapai pelayanan kesehatan dalam artian pendekatan yang lebih dari pelayanan kesehatan tersebut.

Daftar pustaka : 23 (1987 – 2006)

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer