Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Hubungan Asupan Makan dan Status Gizi terhadap Gangguan Menstruasi

HUBUNGAN ASUPAN MAKAN DAN STATUS GIZI TERHADAP GANGGUAN MENSTRUASI PADA SISWI SMK NEGERI 1 BUNGORO 
KABUPATEN PANGKEP 

(RELATIONSHIP STATUS OF NUTRITION AND FOOD INTAKE OF MENSTRUAL DISTURBANCES IN THE COUNTRY 1 vocational student BUNGORO Pangkep District)

Disorders appear during menstruation causing women to rest and leave the daily work for a while. Presence of menstrual disorders may be due to psychological disorders such as excessive stress, lack of regular exercise, including also due to an unbalanced intake of nutrients. Accordingly, research on the relationship food intake and nutritional status of menstrual disorders needs to be done.


Gangguan timbul pada masa menstruasi menyebabkan kaum wanita untuk beristirahat dan meninggalkan pekerjaan sehari-hari untuk beberapa saat. Adanya gangguan menstruasi dapat disebabkan karena adanya gangguan psikologis seperti stress yang berlebihan, kurang olahraga secara teratur termasuk pula karena asupan nutrisi yang tidak seimbang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian tentang hubungan asupan makan dan status gizi terhadap gangguan menstruasi perlu dilakukan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan Cross Sectional Study yang bertujuan untuk menganalisis hubungan asupan makan dan status gizi terhadap gangguan menstruasi dengan mengambil lokasi penelitian pada SMKN 1 Bungoro Kabupaten Pangkep.

Populasi penelitian adalah seluruh siswi kelas I dan II yang sudah menstruasi dengan besar sampel 111 siswi berdasarkan perhitungan rumus besar sampel dan ditentukan secara proportional random sampling. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara langsung menggunakan instrumen penelitian dan pengukuran indeks massa tubuh (IMT). Pengolahan data menggunakan komputer yang disajikan dalam bentuk tabel analisis univariat dan bivariat.

Hasil penelitian, bahwa terdapat hubungan asupan makanan sumber energi dengan gangguan menstruasi berupa amenore sekunder, menoragia, dismenorea dan polimenorea, asupan protein hanya memberi pengaruh terhadap menoragia dan polimenorea, asupan lemak memberi pengaruh terhadap timbulnya amenorea sekunder, menoragia, dismenorea dan polimenorea, asupan zat besi (Fe) memberi pengaruh terhadap timbulnya amenorea sekunder, menoragia, dismenorea dan polimenorea dan status gizi memberi pengaruh terhadap amenorea sekunder, menoragia, dismenorea dan polimenorea.

Saran yang diajukan adalah perlunya pemberian pemahaman yang lebih mendalam kepada kaum remaja siswi SMK Negeri 1 Bungoro akan pentingnya pengaturan pola makan yang baik dan seimbang dan peningkatan informasi kepada siswi tentang gangguan pada menstruasi termasuk kesehatan reproduksi.

Kepustakaan : 38 (1973 – 2007)

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer