STUDY ON HEALTH CARE IN THE TREATMENT DISEASE IN PUBLIC HOSPITAL DISTRICT LAKIPADADA TANA TORAJA
The realization of a healthy state is the will of all parties. In order to achieve good health is one aspect that can be implemented is a good health service delivery.
Decline in utilization of health care in this hospital due to the inability of officials to give higher quality service to the community so that more people take advantage of practicing physicians, registered nurse, or shaman. Service personnel can be caused by lack of staff empathy, responsiveness officers, labor discipline, security officers and personnel skills. Based on these assumptions the researcher is willing to examine the officers in the service of inpatient internal medicine Lakipadada District Hospital. Tana Toraja.
This type of study is a descriptive survey research design with the aim to obtain a picture of health care based on empathy, responsiveness, assurance, work discipline and skills of officers. The samples taken by purposive sampling technique with a large sample obtained as many as 87 patients. Collecting data using questionnaires with the help of a structured type petanyaan. Data processing is done using the help of a computer program SPSS for Windows version 12.0 is then presented in tabular form and distribution of cross table with an explanation.
The results obtained, the service personnel in providing care to patients in the inpatient hospital medicine Lakipadada already in enough categories (85.1%), empathy officers already on the category of adequate (59.8%), responsiveness of staff in providing health services are already in enough categories (69.0%), discipline of officers have been working on a fairly category (79.3%), assurance of adequate personnel in the category (66.7%) and skills in providing health care workers are at enough categories (88.5%).
The suggestions put forward in the study is expected to complement the hospital facilities are less valued by patients, for health care workers are expected to explain the medical benefits of any action taken, be friendly and good relationships with patients and their families, always service is in place during working hours and shows the seriousness and capability in carrying out the action so as to give satisfaction to the patients to use hospital services.
STUDI TENTANG PELAYANAN TENAGA KESEHATAN PADA RUANG PERAWATAN PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM LAKIPADADA KABUPATEN TANA TORAJA
Terwujudnya keadaan sehat adalah kehendak semua pihak. Untuk dapat mewujudkan keadaan sehat tersebut salah satu aspek yang dapat dilaksanakan adalah dengan penyelenggaraan pelayanan kesehatan secara baik. Turunnya pemanfaatan pelayanan kesehatan dalam hal ini rumah sakit disebabkan oleh ketidakmampuan petugas memberikan pelayanan yang lebih berkualitas kepada masyarakat sehingga masyarakat lebih banyak memanfaatkan dokter praktek, mantri kesehatan, maupun dukun. Pelayanan petugas yang kurang dapat disebabkan oleh empati petugas, ketanggapan petugas, disiplin kerja, jaminan petugas, dan keterampilan petugas. Berdasarkan asumsi tersebut maka peneliti berkenan untuk meneliti tentang pelayanan petugas di ruang rawat inap penyakit dalam RSUD Lakipadada Kab. Tana Toraja.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan rancangan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pelayanan tenaga kesehatan berdasarkan empati, ketanggapan, jaminan, disiplin kerja dan keterampilan petugas. Sampel penelitian diambil dengan teknik Purposive sampling dengan besar sampel yang diperoleh sebanyak 87 pasien. Pengumpulan data menggunakan bantuan kuesioner dengan jenis petanyaan terstruktur. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS for windows versi 12.0 kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi dan tabel silang disertai penjelasan.
Hasil penelitian diperoleh, pelayanan petugas dalam memberikan pelayanan pada pasien di ruang rawat inap penyakit dalam Rumah Sakit Lakipadada sudah berada pada kategori cukup (85,1 %), empati petugas sudah berada pada kategori cukup (59,8 %), ketanggapan petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan sudah berada pada kategori cukup (69,0 %), disiplin kerja petugas sudah berada pada kategori cukup (79,3%), jaminan petugas berada pada kategori cukup (66,7 %) dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan kesehatan berada pada kategori cukup (88,5 %).
Saran-saran yang diajukan dalam penelitian yaitu pihak rumah sakit diharapkan dapat melengkapi sarana yang dinilai masih kurang oleh pasien, bagi tenaga tenaga kesehatan diharapkan dapat menjelaskan tentang manfaat dari setiap tindakan medis yang dilakukan, bersikap ramah dan membina hubungan baik dengan pasien dan keluarganya, selalu berada ditempat pelayanan selama jam kerja dan menunjukkan keseriusan dan kapabilitas dalam melaksanakan tindakan sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap pasien terhadap penggunaan pelayanan rumah sakit.
Jangan lupa like di facebook dan tinggalkan komentar
Beri dukungan dengan Donasi Berupa Voucer Pulsa ke No : 082343360320
ARTIKEL TERKAIT:
Rumah Sakit
- Download Skripsi Pengembangan Tenaga Perawat Rumah Sakit
- Download Skripsi Pelaksanaan Fungsi Manajemen SDM di Rumah Sakit
- Download Skripsi Pelayanan Kesehatan Peserta Askes
- Download Skripsi Mutu Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK - Prosedur Pelayanan Kesehatan Peserta Askes
- Download Skripsi AKK-Analisis Kualitas Pelayanan Ditinjau dari Aspek Tenaga Keperawatan
- Download Skripsi Keperawatan - Faktor Kinerja Perawat RSUD Andi Makassau
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - Kuesioner
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - Daftar Pustaka
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - Bab VII
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - BAB VI
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - BAB V
- Download Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - BAB IV
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Pengembangan Karier Tenaga Perawat - BAB III
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Skripsi
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor yang Berhubungan Dengan Gastritis
- Download Skripsi Kesehatan - Gambaran Gangguan Menstruasi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Pemanfaatan Antenatal Care Ibu Hamil Di Puskesmas Bahonsuai
- Faktor Kejadian Demam Berdarah Dengue Pasien RS. Wahidin Sudirohusodo
- Faktor Penyakit Hipertensi Di Puskesmas Padang Sappa
- Gangguan Menarche Siswi SMU Cokroaminoto
- Penggunaan Alat Kontrasepsi Hormonal
- Pola Laktasi Ibu Nifas
- Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Risiko Hepatitis Virus B
- Hubungan Sikap dan Pengetahuan Remaja Putri terhadap Keputihan
0 komentar:
Posting Komentar