Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

KTI Kebidanan-Pengetahuan Ibu Balita Tentang Makanan Bergizi


GAMBARAN PENGETAHUAN IBU BALITA DENGAN GIZI BURUK TENTANG MAKANAN BERGIZI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS NGADILUWIH  
KABUPATEN KEDIRI 


Gizi buruk merupakan kondisi kurang  gizi yang disebabkan rendahnya konsumsi energi dan protein (KEP) dalam makanan sehari-hari. Di Indonesia masalah gizi khususnya pada balita, menjadi masalah besar karena berkaitan erat dengan indikator kesehatan umum seperti  tingginya angka kesakitan serta angka kematian bayi dan balita lebih jauh lagi. Pengetahuan ibu tentang kesehatan dan gizi berperan nyata dalam
resiko gizi  buruk. Bentuk kepedulian pada gizi anak merupakan salah satu tanggung jawab dari keluarga dalam hal ini ibu rumah tangga.Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang “Gambaran Pengetahuan Ibu Balita dengan Gizi Buruk Tentang  Makanan Bergizi di Wilayah Kerja Puskesmas Ngadiluwih”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu balita dengan gizi buruk tentang makanan gizi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh atau total sampling dengan sampelnya adalah seluruh ibu balita dengan gizi buruk di Wilayah Kerja Puskesmas Ngadiluwih.

Dari hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu balita dengan gizi buruk adalah pengetahuan baik 39%, cukup 11%, kurang 50%. Diharapkan agar bidan lebih meningkatkan penyuluhan tentang  makanan bergizi dengan metode yang lain tidak hanya ceramah dan tanya jawab saja tetapi dapat ditambahkan dengan demonstrasi atau dilengkapi dengan media-media seperti leaflet, poster dan sebagainya agar materi atau informasi atau materi yang diberikan lebih mengena dan mudah diingat oleh ibu.

Kata kunci : Pengetahuan, ibu balita dengan gizi buruk, makanan bergizi

Tinggalkan Email Konfirmasi atau Like di Facebook

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer