Kinerja SDM juga merupakan istilah yang berasal dari kata job performance atau actual performance (Prestasi kerja atau prestasi sesungguhnya yang akan dicapai seseorang).
Definisi kinerja karyawan yang dikemukakan Bambang Kusriyanto dalam Rijal (2004;38) adalah : perbandingan hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja persatuan waktu (lazimnya perjam).
Faustino Cardosa Gomes (1997:195) mengemukan definisi kinerja karyawan sebagai; ”ungkapan seperti output, efisiensi serta efektivitas sering dihubungkan dengan produktivitas”.
Selanjutnya definisi kinerja karyawan menurut A.A.Anwar Prabu Mangkunegara (2000:67) bahwa ”Kinerja yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya”. Oleh karena itu disimpulkan bahwa knerja SDM adalah prestasi kerja atau hasil kerja (output) baik kualitas maupun kuantitas yang dicapai SDM persatuan periode waktu dalam melaksanakan tugas kerjanya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
Dalam pedoman penyusunan laporan akuntabilitas (Lan RI,1999) memberikan pengertian kinerja sebagai ukuran kuantitatif dan kualitatif yang menggambarkan tingkat pencapaian suatu sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan dengan memperhitungkan indikator masukan, keluaran, hasil, manfaat dan dampak.
Suyadi dalam Abdullah A (2002) bahwa kinerja atau performance adalah hasil kerja yang dicapai seseorang atau sekelompok orang dalam melaksanakan tugas-tugas atau pekerjaannya sesuai dengan standar kinerja dan ukuran yang ditetapkan oleh pekerjaan itu. Selanjutnya Sujudi dalam Indonesian Nutrition Network (2002:2) mengemukan bahwa prestasi kerja (kinerja) adalah hasil kerja yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya dan dipengaruhinya oleh kecakapan, keterampilan, pengalaman dan kesanggupan pegawai yang bersangkutan.
Pengertian kinerja menurut Mangkunegara (2005;67) adalah hasil kerja secara kuantitas dan kualitas yang di capai oleh seorang pegawai /karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai tanggung jawab yang di berikannya.
Moekiyat (1991 : 2) mengemukakan bahwa kinerja adalah gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu program kegiataan/kebijaksanaan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, misi dan visi organisasi.
Menurut Widya Hartono dalam Tjiptono & Candra (2005 : 31) mengemukan bahwa kinerja adalah penampakan seseorang dalam menghasilkan sesuatu yang tercermin dari hasil pekerjaaan. Hal ini menggambarkan bahwa kinerja akan diketahui jika seorang dapat menghasilkan suatu pekerjaan sesuai dengan standar yang diinginkan organisasi, atau kinerja adalah hasil dari pekerjaan seseorang sesuai standar yang ditetapkan organisasi.
ARTIKEL TERKAIT:
0 komentar:
Posting Komentar