Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Studi Kualitas Bakteriologis Air Sumur Gali


“Studi Kualitas Bakteriologis Air Sumur Gali Di Kelurahan Pampang Kota Makassar Tahun 2010”
Xii + 63halaman + 13 tabel + 8 lampiran

Sumur gali sebagai sarana sumber air yang paling banyak digunakan masyarakat mengharuskan dipenuhinya beberapa syarat sehingga dapat menghasilkan air yang memenuhi syarat. Oleh sebab itu maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang gambaran kualitas MPN coliform dengan
meninjau aspek konstruksi sumur gali.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan rancangan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran kualita air sumur gali dengan pengumpulan data melalui observasi dan pemeriksaan laboratorium MPN Coliform pada sampel air. Pemeriksaan dilakukan pada 40 sumur yang berada di Kelurahan Pampang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 35 (87,5%) sumur gali yang diperiksa di Kelurahan Pampang memiliki kadar MPN Coliform melebihi nilai ambang batas 1000 per ml air berdasarkan ketentuan PP No 82 tahun 2001 tanggal 14 Desember 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, dengan 34 (85%) sumur gali memiliki konstruksi bibir sumur tidak memenuhi syarat, 21 (52,5%) sumur gali memiliki konstruksi dinding sumur tidak memenuhi syarat, 23 (57,5%) sumur gali memiliki konstruksi lantai sumur tidak memenuhi syarat, dan 22 (55%) sumur gali memiliki letak kurang dari 10 meter dari sumber pencemaran.
Saran yang diajukan pada penelitian ini adalah bagi dinas kesehatan untuk dapat melakukan survei kualitas sumber air bersih yang dimanfaatkan masyarakat khususnya sumur gali, melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang syarat konstruksi SGL yang memenuhi syarat dan pengadaan sumur percontohan. Sedang bagi masyarakat untuk dapat melakukan perbaikan terhadap kualitas kontruksi SGL yang dimanfaatkan sebagai sumber air bersih keluarga.

Kata Kunci : Sumur Gali, MPN Coliform, Konstruksi Sumur

File lengkapnya saya share kepada pengunjung sekalian. SIlahkan didownload gratis
Download disini

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer