Analisis Kualitas Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sawerigading Kota Palopo Tahun 2010
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan pelayanan yang diharapkan dan pelayanan yang diterima (kepuasan pasien) terhadap kualitas pelayanan pada instalasi rawat inap
RSU Sawerigading Kota Palopo.
RSU Sawerigading Kota Palopo.
Penelitian ini adalah penelitian survai deskriptif dengan rancangan Cros Sectional Study dengan unit analisisnya adalah pasien yang ada diinstalasi rawat inap. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling dan Besar sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus besar sampel Isaac & Mitchel sehingga banyaknya pasien yang dijadikan sampel adalah 264 orang. Pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuisioner yang diolah menggunakan program SPSS versi 16. Analisa data berupa analisa univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan RSU Sawerigading Kota Palopo masih berada dibawah rata-rata harapan pelanggan dalam hal ini pasien rawat inap, terdapat hubungan antara kualitas pelayanan yang diharapkan dan kualitas pelayanan yang diterima dengan kualitas pelayanan rawat inap RSU Sawerigading Kota Palopo, Tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kualitas pelayanan yang diharapkan dangan kualitas pelayanan yang diterima dan Bukti fisik (tanggibles) pelayanan yang diharapkan merupakan dimensi yang memberi kontribusi lebih besar dalam perwujudan pelayanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, bagi Manajerial dan Instalasi Rawat Inap RSU Sawerigading Kota Palopo untuk dapat menyusun standar kerja organisasi, memberikan pelayanan yang berorientasi kepada konsumen, melakukan survei kepuasan pelanggan, dan menyusun pola pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelanggan serta meninjau penilaian keberhasilan pelayanan dengan menggunakan pendekatan keberhasilan pencapaian standar keprofesian bagi penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Rawat Inap, Rumah Sakit
ARTIKEL TERKAIT:
Abstrak
- STUDI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
- Nutrisionist Study - Breastfeeding Relationships and MP-ASI against Gen. Diarrhea In Children Age 6-24 Months
- Penelitian Gizi
- Skripsi/Tesis Gizi Kesehatan masyarakat
- Skripsi/Tesis Gizi Kesehatan masyarakat
- Skripsi/Tesis Gizi Kesehatan masyarakat
- Faktor Yang Berhubungan Dengan Konsumsi Sumber Zat Besi pada Ibu Hamil
- Studi Kualitas Air Sumur Gali Ditinjau Dari Parameter Mangan dan Derajat Keasaman (pH) Air
- Analisis Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kinerja Bidan Desa
- Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Asuhan Keperawatan
- Persepsi Petugas Kesehatan Tehadap Beban Kerja
- Gambaran Kondisi Sarana Air Minum Dengan Kualitas Air Sumur Gali
- Faktor Risiko Kejadian TB Paru
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Kualitas Pelayanan
0 komentar:
Posting Komentar