Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Analisis Kualitas Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sawerigading

Analisis Kualitas Pelayanan Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sawerigading Kota Palopo Tahun 2010

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pelayanan kesehatan berdasarkan pelayanan yang diharapkan dan pelayanan yang diterima (kepuasan pasien) terhadap kualitas pelayanan pada instalasi rawat inap
RSU Sawerigading Kota Palopo.

Penelitian ini adalah penelitian survai deskriptif dengan rancangan Cros Sectional Study dengan unit analisisnya adalah pasien yang ada diinstalasi rawat inap. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling dan Besar sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus besar sampel Isaac & Mitchel sehingga banyaknya pasien yang dijadikan sampel adalah 264 orang. Pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuisioner yang diolah menggunakan program SPSS versi 16. Analisa data berupa analisa univariat, bivariat dan multivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan RSU Sawerigading Kota Palopo masih berada dibawah rata-rata harapan pelanggan dalam hal ini pasien rawat inap, terdapat hubungan antara kualitas pelayanan yang diharapkan dan kualitas pelayanan yang diterima dengan kualitas pelayanan rawat inap RSU Sawerigading Kota Palopo, Tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kualitas pelayanan yang diharapkan dangan kualitas pelayanan yang diterima dan Bukti fisik (tanggibles) pelayanan yang diharapkan merupakan dimensi yang memberi kontribusi lebih besar dalam perwujudan pelayanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, bagi Manajerial dan Instalasi Rawat Inap RSU Sawerigading Kota Palopo untuk dapat menyusun standar kerja organisasi, memberikan pelayanan yang berorientasi kepada konsumen, melakukan survei kepuasan pelanggan, dan menyusun pola pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelanggan serta meninjau penilaian keberhasilan pelayanan dengan menggunakan pendekatan keberhasilan pencapaian standar keprofesian bagi penelitian selanjutnya.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Rawat Inap, Rumah Sakit

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer