Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Skripsi Kesehatan Kerja Penerapan K3

STUDI PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. WIJAYA KARYA BETON MAKASSAR TAHUN 2009

Perlindungan terhadap keselamatan dan kesehatan pekerja merupakan kegiatan yang harus dilakukan pada tingkat perusahaan. Pekerja yang terhindar dari berbagai bahan berbahaya dari lingkungan kerja merupakan wujud keberhasilan dari penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tempat kerja.
Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja memuat beberapa kegiatan yang pada penelitian ini mencakup pemeriksaan kesehatan pekerja, hygiene lingkungan kerja, pelatihan K3 dan penggunaan APD.

Jenis penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada karyawan bagian produksi PT Wijaya Karya Beton Makassar.

Populasi penelitian adalah seluruh karyawan yang bekerja pada bagian produksi di PT Wijaya Karya Beton Makassar dengan sampel penelitian ditentukan secara exchautive sampling, yaitu sebanyak 43 orang karyawan. Pengumpulan data penelitian dengan melakukan wawancara dan observasi pada setiap karyawan yang kemudian diolah dengan bantuan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat 27 (62,8%) karyawan belum memperoleh penerapan K3 yang memenuhi syarat dengan 22 (51,2%) karyawan belum memperoleh pemeriksaan kesehatan yang lengkap, 17 (39,5%) karyawan menyatakan keadaan lingkungan kerja yang tidak memenuhi syarat, 11 (25,6%) karaywan belum mendapat pelatihan K3 di tempat kerja dan 14 (32,6%) karyawan tidak menggunakan APD secara lengkap.

Saran yang diajukan sehubungan dengan hasil penelitian adalah perlunya regulasi terhadap penerapan aturan tentang K3 di tempat kerja, penciptaan lingkungan kerja yang bersih dan tidak licin serta penerangan yang cukup, peningkatan pelatihan tentang K3 kepada setiap karyawan dan Pengadaan APD bagi setiap karyawan harus memperhatikan aspek kualitas.

Kata kunci : Pelatihan K3, APD, pemeriksaan kesehatan, K3

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer