Welcome

Selamat Datang Di Pusat Download Kumpulan Karya Tulis Ilmiah, Skripsi dan Tesis Kesehatan Lengkap Kuesioner dan Instrumen Penelitian Gratis

Skripsi Gizi Pemberian Makanan Tambahan

STUDI PEMBERIAN MAKAN TAMBAHAN PADA ANAK UMUR 6 – 12 BULAN DI DESA ANGGOTOA KECAMATAN WAWOTOBI KABUPATEN KONAWE 
PROPINSI SULAWESI TENGGARA 

ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi sampai usia 6 bulan. Setelah anak berusia 6 bulan, pemberian makanan diterapkan untuk memenuhi kecukupan nutrisi yang sudah tidak dapat ditunjang lagi dengan pemberian ASI meskipun masih tetap diberikan. Adanya kesalahan dalam penerapan
pemberian makan pada anak berupa pemberian makan yang berlangsung cepat, frekuensi makan yang berlebih dan pemberian jenis makanan yang tidak sesuai dengan perkembangan anak akan mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Jenis penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pemberian makanan pada anak 6 - 12 bulan di Desa Anggotoa dengan unit observasi adalah anak usia 6 - 12 bulan dan responden penelitian adalah ibu yang ditentukan secara total sampling.

Pengumpulan data melalui wawancara terhadap responden dengan melakukan kunjungan rumah dan menggunakan daftar pertanyaan. Pengolahan data penelitian menggunakan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel disertai penjelasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur pertama kali dilaksanakannya praktek pemberian makan pada anak, sebanyak 39 (55,7%) dilakukan pada umur yang tidak sesuai yaitu sebelum berusia 6 bulan, 14 anak (20%) diberikan dengan frekuensi yang tidak sesuai dan 56 (80%) dengan frekuensi yang sesuai sedangkan berdasarkan jenis makanan sebanyak 48 anak (68,6%) memperoleh jenis makanan yang tidak sesuai dan yang sesuai sebanyak 22 (31,4%).

Saran yang diajukan adalah perlunya pembinaan pada ibu dengan mengaktifkan kegiatan kelompok PKK, penyuluhan kesehatan tentang penerapan pemberian makan pada anak yang dilakukan sejak masa kehamilan, dan peningkatan keaktifan kader posyandu.

Kepustakaan : 27 (2002 – 2008)
Keywords : MP-ASI, anak 6 - 12 bulan, praktek pemberian makan

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Postingan Populer