HEALTH INSURANCE HEALTH SERVICE PARTICIPANT (ASKES) IN THE CITY Manggala PUSKESMAS Batua KECMATAN MAKASSAR
Health services, is an important public service and is required in order to meet the demanding needs of healthcare. But in its development, health services do not fit what you want, so often unsatisfactory, especially in those real health insurance (Askes).
Based on this research on health services so that participants Askes implemented.
This type of study is a quantitative, observational study that aims to obtain a picture of health care in patients starting from the service counter Askes, services by doctors, nurses and care services by the drug.
The study population is all registered participants at the health center Askes Batua Makassar with a sample of 93 people who are determined accindental sampling. The collection of research data by direct interview using a questionnaire and then processed using a computer and presented in tabular form with explanations.
The results showed that the service at the counter Batua Health Center has done well in those Askes which is more dominant in the category of adequate (73.1%), as well as on services by doctors (79.6), service by nurses (78.5%) and drug services (67.7%). But there are still patients who expressed no good Askes over the counter services (26.9%), services by doctors (20.4%), nurses (21.5%) and drug clinic (32.3%).
Suggestion put forward is the service which was held in the agency services, especially health centers must meet the needs and satisfaction, providing training to staff and implement plans that are tailored to the needs of drug users and their utilization, especially in patients Askes participants in health care health center level.
PELAYANAN KESEHATAN PESERTA ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DI PUSKESMAS BATUA KECMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
Layanan jasa kesehatan, merupakan suatu layanan masyarakat yang penting dan dibutuhkan dalam upaya pemenuhan tuntutan kebutuhan terhadap kesehatan. Namun dalam perkembangannya, pelayanan kesehatan tidak sesuai yang di inginkan sehingga seringkali tidak memuaskan secara real khususnya pada peserta asuransi kesehatan (Askes). Berdasarkan hal tersebut sehingga penelitian tentang pelayanan kesehatan peserta Askes dilaksanakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif-observasional yang bertujuan untuk memperoleh gambaran pelayanan kesehatan pada pasien Askes dimulai dari pelayanan loket, pelayanan oleh dokter, pelayanan oleh perawat dan pelayanan obat.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta Askes yang terdaftar pada Puskesmas Batua Kota Makassar dengan sampel sebanyak 93 orang yang ditentukan secara accindental sampling. Pengumpulan data penelitian dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner untuk kemudian diolah menggunakan komputer dan disajikan dalam bentuk tabel disertai penjelasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di loket Puskesmas Batua telah dilaksanakan dengan baik pada peserta Askes dimana lebih dominan pada kategori cukup (73,1%), begitupun pada pelayanan oleh dokter (79,6), pelayanan oleh perawat (78,5%) dan pelayanan obat (67,7%). Namun masih terdapat pasien Askes yang menyatakan tidak baik atas pelayanan loket (26,9%), pelayanan oleh dokter (20,4%), perawat (21,5%) dan obat puskesmas (32,3%).
Saran yang diajukan adalah proses pelayanan yang diselenggarakan di instansi pelayanan khususnya puskesmas harus memenuhi kebutuhan dan kepuasan, memberikan pelatihan kepada petugas dan melaksanakan perencanaan obat yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan pemanfaatannya khususnya pada pasien peserta Askes di pelayanan kesehatan tingkat Puskesmas.
Jangan lupa like di facebook dan tinggalkan komentar
Beri dukungan dengan Donasi Berupa Voucer Pulsa ke No : 082343360320
ARTIKEL TERKAIT:
Puskesmas
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pelayanan Prima Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Perencanaan Pelayanan Kesehatan
- Download Skripsi AKK - Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Karakteristik Petugas Dikaitkan dengan Kelengkapan dan Ketepatan Waktu SP2TP
- Download Skripsi AKK - Beban Kerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Kinerja Perawat Di Puskesmas
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Persepsi Yankes Gratis
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
0 komentar:
Posting Komentar