STUDY ON THE LEVEL OF SATISFACTION OF PATIENTS ON INPATIENT HEALTH CARE IN PUSKESMAS MINASA UPA MAKASSAR SOUTH CITY
Quality health care is an important aspect that can give satisfaction to the patient. This can be a driving force to the customer / patient to establish strong ties with health care.
One of the most important dimension in health care quality is the dimension of the relationship between people related to the interaction between health care workers to patients, managers with workers, and between the health team and community. Satisfaction levels can be affected by the acceptance of patients, physician services and nursing services as well as various aspects of that influence.
The research was conducted in the form of a survey with descriptive approach that aims to obtain a picture of the patient admission process, physician services and nursing services that affect patient satisfaction in health care utilization. Collecting data using a questionnaire, prepared with the help of a computer program Microsoft Excel and SPSS for Windows version 12.0 which is then presented in tabular form the frequency distribution ddisertai explanation.
The results showed that the patient had been in receipt of either category where sebahagian of respondents said they were satisfied (98.6%) patients in the admissions process, expressed his satisfaction with the service physicians (86.3%) and nurses said they were satisfied with the service (74.0 %).
The suggestions presented in this study is the clinic for not carrying out its admissions process is complicated, the need for compensation in the health centers, and the need to improve the facilities that support the delivery of health care clinic level.
STUDI TENTANG TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MINASA UPA KOTA MAKASSAR SULAWESI SELATAN
Mutu pelayanan kesehatan merupakan aspek penting yang dapat memberikan kepuasan terhadap pasien. Hal ini dapat menjadi pendorong kepada pelanggan/pasien untuk menjalin ikatan yang kuat dengan pelayanan kesehatan. Salah satu dimensi yang paling penting dalam mutu pelayanan kesehatan adalah dimensi hubungan antara manusia berkaitan dengan interaksi antara petugas kesehatan dengan pasien, manajer dengan petugas, dan antara tim kesehatan dan masyarakat. Tingkat kepuasan tersebut dapat dipengaruhi oleh proses penerimaan pasien, pelayanan dokter dan pelayanan perawat serta berbagai aspek yang turut mempengaruhi.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk survei dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran proses penerimaan pasien, pelayanan dokter dan pelayanan perawat yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam penggunaan pelayanan kesehatan. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, diolah dengan menggunakan bantuan komputer program Microsoft Excel dan SPSS for Windows versi 12.0 yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi ddisertai penjelasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerimaan pasien sudah berada pada kategori baik dimana sebahagian besar responden menyatakan puas (98,6 %) pada proses penerimaan pasien, menyatakan puas terhadap pelayanan dokter (86,3 %) dan menyatakan puas terhadap pelayanan perawat (74,0 %).
Saran-saran yang diajukan pada penelitian ini adalah pihak puskesmas untuk tidak melaksanakan proses penerimaan yang sifatnya berbelit-belit, perlunya pemberian kompensasi pada tenaga kesehatan puskesmas, dan perlunya peningkatan fasilitas yang menunjang pemberian pelayanan kesehatan ditingkat puskesmas.
Jangan lupa tinggalkan komentar atau like di facebook
Beri dukungan anda dalam bentuk donasi berupa voucer pulsa ke no : 082343360320, Terima kasih
ARTIKEL TERKAIT:
Puskesmas
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pelayanan Prima Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Perencanaan Pelayanan Kesehatan
- Download Skripsi Pelayanan Peserta Askes di Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Karakteristik Petugas Dikaitkan dengan Kelengkapan dan Ketepatan Waktu SP2TP
- Download Skripsi AKK - Beban Kerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
- Download Skripsi AKK - Kinerja Perawat Di Puskesmas
- Download Skripsi Administrasi Kesehatan - Persepsi Yankes Gratis
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Skripsi
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor yang Berhubungan Dengan Gastritis
- Download Skripsi Kesehatan - Gambaran Gangguan Menstruasi
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Pemanfaatan Antenatal Care Ibu Hamil Di Puskesmas Bahonsuai
- Faktor Kejadian Demam Berdarah Dengue Pasien RS. Wahidin Sudirohusodo
- Faktor Penyakit Hipertensi Di Puskesmas Padang Sappa
- Gangguan Menarche Siswi SMU Cokroaminoto
- Penggunaan Alat Kontrasepsi Hormonal
- Pola Laktasi Ibu Nifas
- Ketidaklengkapan Imunisasi Bayi
- Faktor Risiko Hepatitis Virus B
- Hubungan Sikap dan Pengetahuan Remaja Putri terhadap Keputihan
0 komentar:
Posting Komentar