“Persepsi Petugas Kesehatan Tehadap Beban Kerja Di Puskesmas Jumpandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar”
Xii + 59 halaman + 11 tabel + 7 lampiran
Terwujudnya pelayanan puskesmas yang berkualitas tidak lepas dari peran sumber daya manusia yang dimilikinya. Data kunjungan masyarakat di Puskesmas Jumpandang Baru tahun 2010 pada bulan Februari mencapai 526 kunjungan sedangkan pada bulan Maret mengalami penurunan menjadi 310
kunjungan memberi gambaran terhadap adanya pengaruh beban kerja dari petugas. Sehingga penelitian terhadap beban kerja dari petugas kesehatan merupakan upaya peningkatan kinerja petugas untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas dengan meninjau aspek waktu kerja, lingkungan fisik dan lingkungan sosial organisasi. Penelitian ini bertujunan untuk memperoleh gambaran beban kerja petugas kesehatan dengan menggunakan jenis penelitian observasional dengan rancangan deskriptif dengan melakukan pengumpulan data pada seluruh petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru sebanyak 50 orang berdasarkan kriteria sampel secara purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui wawancara diolah secara komputerisasi dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan 18 (36%) petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru memiliki waktu kerja yang tidak memenui syarat dan menyebabkan 3 (16,7%) diantaranya memiliki beban kerja yang tidak sesuai, 18 (36%) petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru menyatakan keadaan lingkungan fisik organisasi pada kondisi tidak baik dan menyebabkan 3 (16,7%) diantaranya memiliki beban kerja yang tidak sesuai dan 15 (30%) petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru menyatakan keadaan lingkungan sosial organisasi pada kondisi tidak baik dan menyebabkan 2 (13,3%) diantaranya memiliki beban kerja yang tidak sesuai. Saran yang diajukan adalah peningkatan keterampilan melalui pemberian pelatihan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru, penyusunan aturan waktu kerja khususnya pengaturan waktu istirahat kerja dan perbaikan terhadap lingkungan kerja fisik.
kunjungan memberi gambaran terhadap adanya pengaruh beban kerja dari petugas. Sehingga penelitian terhadap beban kerja dari petugas kesehatan merupakan upaya peningkatan kinerja petugas untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas dengan meninjau aspek waktu kerja, lingkungan fisik dan lingkungan sosial organisasi. Penelitian ini bertujunan untuk memperoleh gambaran beban kerja petugas kesehatan dengan menggunakan jenis penelitian observasional dengan rancangan deskriptif dengan melakukan pengumpulan data pada seluruh petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru sebanyak 50 orang berdasarkan kriteria sampel secara purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui wawancara diolah secara komputerisasi dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan 18 (36%) petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru memiliki waktu kerja yang tidak memenui syarat dan menyebabkan 3 (16,7%) diantaranya memiliki beban kerja yang tidak sesuai, 18 (36%) petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru menyatakan keadaan lingkungan fisik organisasi pada kondisi tidak baik dan menyebabkan 3 (16,7%) diantaranya memiliki beban kerja yang tidak sesuai dan 15 (30%) petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru menyatakan keadaan lingkungan sosial organisasi pada kondisi tidak baik dan menyebabkan 2 (13,3%) diantaranya memiliki beban kerja yang tidak sesuai. Saran yang diajukan adalah peningkatan keterampilan melalui pemberian pelatihan kepada petugas kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru, penyusunan aturan waktu kerja khususnya pengaturan waktu istirahat kerja dan perbaikan terhadap lingkungan kerja fisik.
Keyword : Beban Kerja, Tenaga Kesehatan, Puskesmas
PDF
Alternatif link
Pass : karyailmiah
Alternatif link
Pass : karyailmiah
Catatan :
Download file per link saja karena sudah mencakup keseluruhan file pada setiap link yang diberikan.
Sebelum download harap tinggalkan email konfirmasi atau like di facebook
Semoga bermanfaat, thanks atas commentnya
Beri dukungan dengan Donasi Berupa Voucer Pulsa ke No : 085394045756
Beri dukungan dengan Donasi Berupa Voucer Pulsa ke No : 085394045756
ARTIKEL TERKAIT:
Administrasi Kesehatan
- Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Katoi Kabupaten Kolaka Utara
- Kepuasan Pelayanan Kesehatan Pasien Puskesmas Langara
- Kualitas Pelayanan Tenaga Keperawatan Di Rumah Sakit
- Seperti Apakah Kata Manajemen Itu !
- Apa Sih Kinerja Itu !
- Download Skripsi AKK-Tipe Kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan
- Download Skripsi AKK-Pengembangan SDM Di Rumah Sakit
- Download Skripsi AKK-Faktor Sistem Pencatatan dan Pelaporan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Permintaan Pelayanan Kesehatan Nelayan Penyelam
- Download Skripsi AKK-Kinerja Kader Posyandu dan Kunjungan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan Puskesmas
- Download Skripsi AKK-Pemanfaatan Pelayanan KIA
- Download Skripsi AKK-Faktor Motivasi Kerja Tenaga Perawat
- Download Skripsi AKK-Kinerja Pegawai Dinkes
- Download Skripsi AKK-Kepuasan Rawat Inap Puskesmas
Bidan
- Pelayanan Antenatal Care Pada Ibu Hamil
- Faktor Pemilihan Tenaga Penolong Persalinan
- Download Skripsi AKK-Kinerja Bidan pada Pelayanan Antenatal
- Download Skripsi AKK-Analisis Kualitas Pelayanan Ditinjau dari Aspek Tenaga Keperawatan
- Download KTI Kebidanan-Peran Bidan dalam Pemberian ASI Eksklusif
- KTI Kebidanan Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini
- Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Kinerja Bidan Desa
0 komentar:
Posting Komentar